10 Aksioma Islam

Hal-hal penting untuk kita ketahui…karena aksioma atau Badihiyat adalah hal-hal yang perlu dan wajib diketahui, dipahami dan diamalkan oleh setiap muslim.

  • Mengikuti dien Islam harus kaffah (total dan menyeluruh). Karena Islam dan Jahiliyah tidak bisa disandingkan.
  • Taghut adalah jahilyah dalam bentuk sistem (QS al Baqarah:256 ; an Nahl:36 dan an Nisa:60)
  • Pendangkalan mengenai konsep-konsep umum tentang Islam telah terjadi dikalangan umat Islam, sehingga muncul konsep, sikap dan realitas realitas yang asing dan nyeleneh.
  • Korban dari hal di atas, kebanyakan menimpa umat muslim yang islamnya karena garis keturunan. Mereka menyimpang hampir di semua segi. Kiblat mereka adalah orang-orang kafir.
  • Di sisi lain himbauan, “wahai manusia, kita harus kembali dan bertaubat kepada Allah” yang dilakukan oleh para ustadz dan ulama tidak berjalan. Karena sejatinya merekapun hanya bisa menghimbau. Mereka tidak tahu cara dan metodologi dan apa maksud dari kalimat yang mereka ucapkan.
  • Taubat adalah mengkufuri thagut, melempar jauh-jauh kemusyrikan dan kekufuran, membersihkan dari semua konsepsi dan pemikiran jahiliyah serta nilai-nilainya dan membuang habis seluruh ideologi dan sistem yang bertentangan dengan ideologi dan sistem Islam serta kembali dengan komitmen penuh terhadap aqidah, ibadah, rituan dan syi’ar-syi’ar Islam. …jarang sekali makna taubat dikemukaan seperti ini.
  • Banyak sekali penyakit umat yang muncul, seperti jauh dari teladan Rasul, perpecahan, perselisihan, kelompok-kelompok…tetapi jarang orang mau dan tahu bagaimana cara yang aplikatif untuk menyelesaikan permasalahan dan menyembuhkan penyakit-penyakit umat tersebut. Seandainya adapun gerakannya masih parsial, tidak menyeluruh.
  • Di sisi lain gerakan musuh-musuh Islam semakin merajalela, dan dengan daya rusak yang semakin hebat. Mereka menciptakan opini negatif mengenai Islam dan berusaha mencabut akar-akar sistem Islam yang benar.
  • Kunci perbaikan adalah dengan kembali memantapkan dan memperbaiki pembinaan seperti dakwahnya Rasul yang sangat indah. Ini jalan yang benar, bertahap dan perlu waktu.
  • Tiga golongan umat islam yang menjadi antek kaum kafir:
    • Orang islam yang berambisi untuk mempertahankan gelar kebangasaan dan kehormatan (status sosial) yang tidak sah dan diberikan oleh orang kafir (QS al Maidah:42 ; an Nisa:51 &143)
    • Orang islam yang rakus pada benda yang didapat dari kenistaan di bawah pengaruh kufur (QS al Furqan:44, an Nisa 134, as Syura:20, al Isra:18-19)
    • Orang islam yang membenarkan tuduhan para penghianat dan pendusta terhadap kaum muslimin yang jujur dan konsekuen dalam islam. (al Hujurat:6 )

Inilah 10 AKSIOMA tentang Islam (ditulis oleh Ustd. Said Hawa)

1. Islam adalah satu-satunya sistem hidup yang dibebankan kepada seluruh manusia. Agama adalah sistem hidup. (lihat ali Imron : 19 & 85). ”Barang siapa tidak mengimani Islam padahal seruan islam telah sampai padanya, maka ia dianggap ahli neraka” (al Hadist). H_26

2. Islam adalah satu-satunya jawaban yang benar dan bersih terhadap semua persoalan manusia. Hal ini mencakup seluruh aspek kehidupan manusia yang meliputi keyakinan, ibadah, syari’at, syi’ar. Islam adalah satu-satunya tolok ukur untuk semua sisi kehidupan manusia. (lihat an Nahl:89 dan Yusuf:111) H_28

3. Seseorang yang sudah masuk islam berarti ia telah menyerahkan secara mutlak kepada Allah dalam semua persoalan di semua aspek kehidupannya. (lihat al baqarah: 208 & 256). H_29

4. Pemikiran eksperimental melalui pendayagunaan akal yang sehat merupakan sesuatu yang diterima dalam Islam. ”Hikmah atau ilmu pengetahuan itu merupakan hak orang mukmin, maka di mana saja ia jumpai, ia berhak terhadapnya” (al hadist) H_30

5. Islam adalah sistem hidup yang sempurna dan lengkap, ia mencakup seluruh sistem politik, sosial dan ekonomi. Tidak ada pengecualian di dalamnya dan tidak ada aplikasi yang parsial (sebagian-sebagian) (lihat al Baqarah:85 dan al maidah:44). H_33

6. Seluruh kaum muslimin dibebani kewajiban menegakkan kalimatullah agar islam menjadi satu-satunya dien (sistem hidup) yang tegak di muka bumi (lihat at Taubah : 40) H_35

7. Kaum muslimin harus merupakan satu kesatuan/sekutu/jamaah dalam iman dan politik. Persatuan adalah hal yang utama,,,contoh sahabat lebih mementingkan persatuan dari pada mengurus jenazah rasul. H_37

8. Kaum muslimin harus melantik seorang imam untuk memimpin perjuangan (H_49). Karena kondisi saat ini umat dan politik Islam sedang sakit dan lumpuh. Kesalahan konsepsi atau pemikiran bahwa menegakan daulah islamiyah (negara islam) adalah fardhu kifayah. Tetapi selagi itu belum terwujud, semua umat muslim wajib hukumnya untuk berjuang mewujudkan daulah islamiyah, sesuai potensinya………..contoh aplikasi wajibnya qishas (QS.2:178) dan an Nur:1…bagaimana mungkin hukum ini bisa berjalan bila tidak ada negara islam?,,,sehingga membentuk negara islam menjadi wajib hukumnya. (H_63)

9. Umat muslim wajib bergabung dalam jamaah islam dan imamnya (H_65). Jauhi paham/kelompok sesat seperti kapitalisme, nasionalisme, sekularisme dll. Hati-2 dengan jamaah yang berpenyakit (dukhnun), ciri-cirinya adalah mereka mencampur adukan agama dengan ajaran-ajaran asing,,,tasawuf, fiqih (H_71)

10. Umat Islam adalah satu jamaah/partai/kelompok. Sehingga kemajuannya tergantung dari pencapaian ilmu, karakteristik dan komitmen umat terhadap islam. Semua harus patuh pada rencana dan program yang telah ditetapkan. Tidak boleh keluar dari jamaah, harus pro aktif dan mengeluarkan semua potensi terbaiknya untuk Allah dan agamaNya (lihat QS. 3:149, 4:144 dan 6:51) (H_77 &103)

Tentang Budi

Moslem, Consultant, Trainer, Photographer, Gardener and Traveler.
Pos ini dipublikasikan di Sebaiknya anda tahu dan tag , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke 10 Aksioma Islam

  1. Khoirur Rozikin berkata:

    jika ingin mengamalkan islam secara kaffah, pastinya selalu banyak rintangan yang akan menimpa diri kita. salah satu diantaranya yang paling ringan adalah; akan banyak orang yang menganggapmu itu “aneh”, tapi beruntunglah orang2 yang dianggap “aneh” itu…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s