BACALAH !!!

Iqra! (Bacalah) merupakan perintah pertama yang sangat fenomenal dari Allah kepada Nabi Muhammad saw. Bagaimana tidak. Perintah itu diberikan kepada Nabi saw yang buta huruf! Pernahkan anda membayangkan, mengapa Allah memilih kata ”iqra”sebagai perintah pertama Nya? Bukankah ada banyak sekali pilihan kata perintah. Mengapa tidak Sholatlah! atau Puasalah! atau Bayar zakatlah! Pasti ada makna yang besar dibalik perintah iqra itu!

Fakta menunjukkan, negara/umat yang maju, biasanya budaya membacanya tinggi (Lihat Amerika, negara-2 Eropa dan Jepang saat ini). Atau lihat sejarah kejayaan Islam Abad 7-12M. Ketika itu budaya baca umat muslim tinggi sekali. Buku-buku bacaan karangan umat Islam begitu banyak dan mempunyai kedudukan yang penting di masyarakat. Ilmu pengetahuan dan peradaban Islam berkembang pesat ke seluruh dunia. Sampai-sampai disebutkan bahwa ketika umat Islam diserang oleh tentara Mongol. Sasaran mereka adalah menghancurkan buku-buku tersebut. Mereka sadar akan kekuatan dari buku-2 tersebut bagi umat Islam. Buku-2 itu dibuang ke sungai, dan membuat air sungai berubah hitam (bayangkan berapa ribu buku yang musnah!).

Membaca adalah proses berfikir yang meliputi: mengingat, menghimpun, menganalisis, menyimpulkan sehingga mempunyai makna (Toto Tasmara). Membaca adalah kerja kolektif, minimal antara mata, pikiran dan hati. Informasi hasil bacaan, akan tersimpan dalam memori otak. Dan ternyata, memori otak kita adalah sumber informasi (data base) ketika kita berbicara, mengambil keputusan dan bertindak (brainware management). Sehingga apa yang kita baca, ternyata mempengaruhi ide, kata-kata, pikiran dan akhirnya perbuatan serta kinerja kita.

Nah, perintah Iqra tentunya berlaku juga untuk kita, umatnya Nabi saw. Alhamdulillah, saat ini kita sudah bisa membaca. Dan kita semua tahu bahwa Al Qur’an adalah sebaik-baiknya bacaan. Ia adalah Pedoman hidup dan Penunjuk Jalan yang paling lurus bagi manusia (QS. al Baqarah:2 & al Isra:9) Pertanyaannya: Berapa waktu yang dengan sengaja telah kita sisihkan setiap harinya untuk mentadaburi (membaca & merenungi makna) Al Qur’an?

Berapa banyak ”buku-buku Islam” yang telah selesai kita baca sampai detik ini?

Sulit rasanya membayangkan kejayaan Islam, kalau umatnya malas membaca.

Padahal perintah iqra sudah diserukan oleh Allah sejak 14 abad lalu.

Astagfirullah al a’zim

Tentang Budi

Moslem, Consultant, Trainer, Photographer, Gardener and Traveler.
Pos ini dipublikasikan di Aplikatif dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s