Berbagai Perumpamaan dalam Al Qur’an

Allah menjelaskan dalam Al Qur’an berupa perumpamaan-perumpamaan yang banyak sekali supaya manusia berfikir dan juga dari perumpamaan-perumpamaan itu manusia dapat mendapatkan pelajaran. Orang yang akidahnya kuat diumpamakan seperti pohon yang akarnya kokoh dan cabangnya menjulang ke langit (QS.14:24-25) . Dan sebaliknya orang yang akidahnya tipis ibarat pohon yang akarnya telah tumbang sehingga mudah diombang-ambingkan suasana (QS. 14:26-27)
Orang yang bodoh diumpamakan sebagai binatang ternak yang hidupnya terjebak dalam rutinisme hanya mencari makan, tidur dan kawin, tidak tahu dan tidak mau ingin tahu isi Al Qur’an (QS. 7:179) . Begitu juga orang yang mengerti tapi tiada mengamalkan atau sebagai amalan orang yang bodoh diumpamakan seperti keledai membawa kitab (QS. 62:5) . Dan orang yang mengerti isi Al Kitab tetapi berfatwa bukan berdasarkan kitab suci, diumpamakan oleh Allah sebagai anjing penjilat (QS.7:175-176).
Orang yang mengambil pelindung selain Allah diumpamakan seperti pelindung di rumah laba-laba (QS. 29:41) . Sedangkan orang berpegang pada kitab suci diumpamakan seperti terikat dengan tali Allah yang amat kokoh dan kuat yang tidak mungkin putus (QS. 3.103) . Sedangkan orang yang tidak mau berjama’ah diumpamakan oleh Al Qur’an seperti mengurai kain yang sudah dipintal kuat menjadi cerai berai kembali (QS. 16:91-92)
Orang yang berinfaq di jalan Allah diumpakaman menanam biji lalu tumbuh 7 tangkai dan setiap tangkai tumbuh 100 bulir (QS. 2:261) . Sedangkan orang yang berinfaq karena riya seperti batu licin yang di atasnya ada tanah kemudian ditimpa hujan lebat (QS. 2:264) . Tetapi orang yang berinfaq ikhlas karena Allah seperti kebun yang subur dan tanamannya begitu suburnya, lalu disiram hujan (QS. 2:265) .
Untuk orang kafir, Allah mengumpamakan seperti binatang piaraan yng dipanggil oleh penggembala, tetapi tidada mengerti karena mereka itu tuli, bisa dan buta (QS. 2.171) . Begitu juga orang munafiq berjalan di tempat yang gelap ia meraba-raba, ketika kilat meneranginya, dia berjalan lagi tetapi setelah gelap ia meraba-raba kembali (QS. 2:17-20). Allah tiada segan membuat perumpamaan seperti nyamuk atau yang lebih rendah daripada itu. Dengan perumpamaan itu orang yang beriman mendapat pelajaran tapi orang kfir malah bingung dan sesat (QS. 2:26). Allah juga member perumpamaan yang begitu indah yaitu cahaya Allah seperti lubang yang tak tembus yang di dalamnya ada pelita besar, dalam pelita itu seperti bintang yang bercahaya atau seperti mutiara (QS. 24-35).
Infaq dari orang munafiq diumpamakan oleh Allah seperti angin yang sangat dingin, lalu angin itu merusak tanaman mereka (QS. 3:117) dan amal-amal orang kafir adalah negeri yang subur makmur tetapi penduduk negeri itu banyak yang kelaparan atau kurang gizi (QS. 16-112).
Orang yang menyembah selain Allah diumpamakan lebih hina dari pada lalat (QS. 22:73). Dan orang-orang musyrik sholat mereka diumpamakan seperti siulan dan tepuk tangan (QS. 8:35).
Allah membuat perumpamaan yang luar biasa tentang Al Qur’an, yaitu jika diletakkan di atas gunung pasti gunung itu akan tunduk terpecah belah (QS. 59:21). Dan jika dengan bacaan gunung-gunung dapat diguncang dan bumi bisa terbelah atau orang mati dapat hidup, tentu itulah Al Qur’an (QS. 13:31). Tetapi sangat disayangkan perumpamaan-perumpamaan dalam Al Qur’an ini yang begitu banyak namun manusia makhluk yang paling banyak membantah (QS. 18:54). Mudah-mudahan kita termasuk orang yang pandai memahami perumpamaan-perumpamaan tadi. Sehingga kita tidak termasuk orang-orang yang merugi.

Dikutip dari Buku, “Menjebol Kejumudan Kaum Muslimin”, Drs. Mahyudin HS.

Tentang Budi

Moslem, Consultant, Trainer, Photographer, Gardener and Traveler.
Pos ini dipublikasikan di Sebaiknya anda tahu dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s