Jenis-jenis manusia…

1.Muttaqi yang bentuk jamaknya muttaqun atau muttaqien adalah orang yang takwa, yaitu orang yang takut,cinta dan hormat kepada Allah. Ia berhati-hati dan waspada menjaga diri dari segala sikap, tindakan dan perbuatan yang tidak diridha Allah. Ia melaksanakan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-nya .

2.Mu’min yang bentuk jamaknya mukminun atau mukminin adalah orang yang beriman, yang menyatakan pengikraran rukun iman dengan lisan yang bertolak dari kalbu yang mendorong pengalaman .

3.Muslim yang bentuk jamaknya muslimun atau muslimin adalah orang yang berislam orang yang patuh pada ketentuan Allah dengan sepenuh pengabdian.

4.Muhsin yang bentuk jamaknya muhsinun atau muhsinin adalah orang yang berbuat ihsan atau kebajikan yang diridhai Allah Swt. Ia beribadah seolah-olah menatap Allah.

5.Kafir bentuk jamaknya kafirun atau kafirin adalah orang yang kufur yaitu orang yang menolak kebenaran Allah Swt.

6.Musyrik yang bentuk jamaknya musyrikun atau musyrikin adalah orang yang syirik, yaitu orang yang menyekutukan Allah dengan: menganggap ada Illah selain Allah ; mengganggap Allah beranak atau diperanakan ; menjadikan selain Allah sebagai tujuan terakhir hidupnya.

7.Munafik yang bentuk jamaknya munafikun atau munafikin adalah orang yang nifaq, yaitu orang yang bermuka dua. Tanda-tandanya antara lain dusta, tidak tepat janji dan khianat.

8.Fasik yang bentuk jamaknya adalah fasiqun atau fasiqin, adalah orang yang fusuq yaitu orang yang sadar melanggar batas-batas ketentuan Allah Swt. Mereka sadar bahwa hal tertentu akan mengakibatkan dosa, tetapi tetap melanggarnya.

9.Zalim, yang bentuk jamaknya zhalimun atau zhallimin adalah orang yang aniaya, termasuk berlaku aniaya pada diri sendiri. Mereka adalah orang yang tidak mendudukan sesuatu pada tempatnya, orang yang menghukum tidak berdasarkan hukum yang adil.

10.Mutraf yang bentuk jamaknya mutrafun atau mutrafin adalah orang yang itraf, yaitu orang yang tidak mau bersyukur nikmat, orang yang dianugrahi amanah kekayaan, kekuasaan dan kepintaran oleh Allah Swt, tetapi menggunakannya untuk maksiat keapda Allah Swt.

Note,,untuk melihat referensinya dalam Al Qur’an,,,tinggal search ajah,,,nanti akan terpampang ayat-ayat Al Qur’an yang menyebutkan setiap golongan seperti yang disebut di atas.

(di kutip dari, “Wawasan Islam”, Endang Saifuddin Anshari, Gema Insani 2004)

Tentang Budi

Moslem, Consultant, Trainer, Photographer, Gardener and Traveler.
Pos ini dipublikasikan di Sebaiknya anda tahu dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s