Sholat !!!

Assalamualaikum wr.wb

Saudara ku, mari perbaiki Sholat kita…seperti kita memperbaiki sisi-sisi kehidupan kita ini. Sholat adalah aktivitas ibadah Utama kita kepada Allah Swt yang Maha Berkuasa Atas Segalanya.

Saudaraku, Sholatlah pembeda utama Umat Islam dengan Kaum Kafir. Sholat adalah ibadah yang pertama kali dihisab, sholat kita bagus, Insya Allah semua ikut bagus.

Sholatlah cerminan pola pikir dan perilaku kita, “Sholat itu mencegah perbuatan keji dan mungkar”…artinya: apabila kita merasa telah melakukan sholat, tetapi perbuatan, akhlak, perilaku, tindak tanduk, pemikiran kita masih belum lurus sesuai aturan Allah Swt dan Rosulullah Saw,…bisa jadi kita belum Sholat dengan baik dan benar,…karena sholat belum bisa menjadi pencegah kita untuk melakukan perbuatan keji dan mungkar!…jangan-2 sholat kita hanya sekedar gerakan dan bacaan tanpa makna apapun!, sehingga tak membekas pada pikiran dan perilaku kita.

Saudaraku, pernahkah kita berhenti dan berfikir sejenak,…meninjau kualitas dan kuantitas sholat kita?

Bayangkan, sholat yang hanya berupa gerakan dan bacaan yang dilakukan dalam prosesi yang durasinya tidak lebih dari 5 menit per rakaatnya,,…kok terasa berat! padahal kalau kita asyik mengerjakan pekerjaan atau hobi kita,…satu jam pun terasa hanya sebentar dan ringan pula mengerjakannya. ada apakah di balik itu?

Saudaraku, “Sholat memang berat, kecuali bagi orang yang sabar dan khusyu”…(arti khusyu di sini adalah orang yang yakin kelak akan menemui dan kembali pada Allah Swt_lihat QS 2:45-46). Tapi,…masak sih kita tidak bisa melakukan sholat dengan baik dan benar sesuai yang dicontohkan Rosululloh Saw?…Rosul Saw dan para sahabat begitu menikmati setiap sesi sholat,..bahkan Rosul menjadi sholat sebagai sarana untuk “refreshing” atau istirahat!..Saudaraku, mari renungkan dan pikirkan lagi kualitas dan kuantitas sholat kita.

Kalau. kemarin sholat-sholat fadhu kita masih sekedar kejar setoran dan dilakukan karena “memang saya harus sholat atau merasa engga engak enak, kalau tidak sholat”…itupun dilakukan dengan cepat, tanpa makna, tanpa perasaan serta sendirian dan diakhir waktu pula,…sekaranglah kita buat keputusan untuk merubah itu!…

Saudaraku, mari perbaiki sholat kita,…baca, pelajari dan praktekan tata cara sholat Rosulullah Saw,…cari buku Tata cara sholat yang mencantumkan dalil-dalil shahih mengenai setiap gerakan dan bacaan dalam sholat seperti yang dicontohkan Rosulullah Saw….Saudaraku yang orang banyak lakukan, belum tentu benar!,,yang benar benar BENAR adalah apa yang dinyatakan dalam Al Qur’an dan berdasarkan Hadits Shahih. Saudaraku,” kita masing-masing bertanggung jawab atas apa yang kita lakukan”,…sehingga perbaikilah segala aspek dalam ibadah kita!

Saudaraku, mulailah dengan sengaja memperbaiki dan pamahi bacaan sholat kita!…kalau tidak sekarang, kapan lagi! Saudaraku, sebaik-baiknya sholat wajib adalah di awal waktu, berjamaah dan di masjid (khusus laki-2)

Saudaraku, mari kita tambah kuantitas sholat kita,…mari biasakan melakukan sholat sunnah sebagai tambahan dan penyempurna Sholat-sholat fardhu kita,….mumpung itu bisa kita lakukan, karena kita masih segar bugar dan energik….Banyak sekali kesempatan sholat-sholat sunnah harian yang telah dicontohkan Rosul Saw…ada Sholat Tahajud, witir, rawatib sebelum/sesudah sholat wajib, sholat dhuha, sholat masuk masjid dan sholat setelah wudhu. tapi ada satu sholat sunnah yang paling istimewa “Sholat Tahajud”!

Saudaraku mari buka lembaran kegiatan harian kita dengan bangun lebih dini hari (antara jam 2-4) untuk Sholat Tahajud dan witir…inilah waktu sholat yang paling berkesan! Sayang sekali kalau kita melepas waktu hidup kita yang hanya puluhan tahun ini tanpa merasakan nikmatnya “sholat tahajud” ditengah kesunyian malam! …Beraaat? memang betul. tapi, masak sih kita tidak bisa melawan waktu tidur! jangan-jangan itu hanya karena kita tidak membiasakan diri! Mohonlah sungguh-sungguh pada Allah Swt, agar kita termasuk hambanya yang mudah bangun dan mampu untuk sholat Tahajud…Manfaatkan Saudara ku!,…sayang melewatkan hari-hari hidup kita di dunia tanpa di awali sholat tahajud yang luar biasa itu…

Selanjutanya, Mari Ajak, ajari dan biasakan keluarga, anak-anak kita untuk sholat dengan baik dan benar! …Sholat baik, maka perilaku lepas sholat kita akan baik!

Insya Allah, bermanfaat buat saya dan kita semua…
Ya, Allah, masukkanlah Kami ke dalam Golongan Hamba-hambamu yang Sholat dengan Khusyu dan Engkau Ridhoi…Amin

Kebenaran Semua Hanya Dari Allah, Yang Maha Benar…
Wassalam..
Budi

Tentang Budi

Moslem, Consultant, Trainer, Photographer, Gardener and Traveler.
Pos ini dipublikasikan di Aplikatif, Sebaiknya anda tahu dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s