Iman yang menentukan!

Iman adalah sumber energi jiwa yang senantiasa memberikan kita kekuatan untuk bergerak menyemai kebaikan, kebenaran dan keindahan dalam kehidupan. Iman juga yang bergerak mencegah kita melakukan kejahatan, kebatilan dan kerusakan. Iman menentramkan perasanaan, menguatkan tekad dan menggerakan raga kita. Imanlah cerminan diri kita!

Iman mengubah individu menjadi baik. kebaikan individu ini akan menjalar dalam kehidupan masyarakat. Masyarakat yang berisikan individu yang beriman akan bersinar menentukan peradaban yang diridhoi Allah Swt. Yang kaya menjadi dermawan, yang miskin menjaga kehormatan dan harga diri, yang berkuasa menjadi adil, ulama menyebarkan ketakwaan, yang kuat melindungi, yang pintar mengajarkan, yang bodoh terus belajar. Ibadah menjadi sumber inspirasi dan semangat kehidupan,..semua segi kehidupan adalah ibadah dan pantulan dari keimanan.

Sejarah, para sahabat Rosul Saw, telah membuktikan itu. Iman telah membuat mereka menjadi pribadi-pribadi yang mampu mengeluarkan seluruh potensinya secara maksimal dan berguna bagi semua orang,…mereka mampu membentuk suatu trend dan peradaban yang fenomenal! peradaban Islami yang lurus dan berjaya! (Renungi bagaimana Abu Bakar yang lembut menjadi keras dan tegar dalam perang Riddah ; atau Ummar bin Khatab yang terhormat, mau menggendong sekarung gandum untuk rakyatnya atau Ali bin Abitholib yang rela menggantikan Rosul Saw ketika skenario Hijrah ke Madinah dilakukan atau Ketika Utsman bin Affan rela menginfaqkan seluruh barang dagangannya di jalan perjuangan Islam)….Bayangkan selama 15 Abad, kaum muslimin menjadi trend setter dan pemegang kendali peradaban dunia!!! Pengaruh Iman yang kuat menhujam di dada kaum muslimin dan muslimat memang luar biasa!

Begitu terjadi kelunturan dan degradasi Iman,…peradaban islampun rontok,…pasukan Tartar membantai 80ribu kaum muslim di Baghdad sampai dengan Zionis Internasional yang menghancurkan khilafah Utsmaniyah di Turki!…dan sepertinya itu masih terus terjadi sampai sekarang!….Iman itu tidak seutuhnya berada di hati dan individu kaum muslimin!…Iman hanya jadi ucapan lisan tanpa mempunyai hakikat di jiwa dan pikiran. Iman hanya jadi topik kajian dan pengajian,…ia tidak memberikan dampak pada vitalitas, dinamika dan tindakan nyata dikehidupan….Iman hanya slogan, yang kalah dengan luapan syahwat! Yang Kaya menjadi tidak perduli dan pelit, yang miskin menjadi penghianat dan tidak punya harga diri, Penguasa obral janji dan zalim,..tentara tidak punya nyali…

Mari perbaharui iman kita sebagai individu,….mulai dari diri kita sendiri dan keluarga,..dan saat ini juga!
Kebenaran hanya dari Allah Swt…
(Sebagian dikutip dari tulisan Ust. Anis Matta)

Tentang Budi

Moslem, Consultant, Trainer, Photographer, Gardener and Traveler.
Pos ini dipublikasikan di Aplikatif, Inspiratif dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s