Mari kembangkan kebiasaan Islami (1)

Sadar atau tidak sadar, kita sehari-hari menjalankan apa yang menjadi kebiasaan kita. Cara kita makan, minum, tidur, merespon sesuatu, memanfaatkan waktu sampai dengan beribadah kepada Allah Swt…semua bisa berjalan lancar karena kebiasaan. Kebiasan-kebiasaan yang kita lakukan,…itulah diri kita! Kebiasaan bisa menjadi karakter kita. Anda punya kebiasaan ngaret (terlambat),…orang akan menyebut anda si tukang terlambat!..Anda punya kebiasaan merokok, maka akan disebut sebagai perokok! Itulah hebatnya kebiasaan.

Berita bagusnya, kita punya pilihan, untuk mengembangkan kebiasaan baik atau kebiasaan buruk. Dan hebatnya lagi, kebiasaan buruk kita dapat kita gantikan dengan kebiasaan baik,…kalau kita mau! dan yang namanya kebiasaan biasanya agak susah dihilangkan atau digantikan!…semua terasa berat di awal dan akan mudah dan otomatis apabila sudah menjadi kebiasaan. Saya hanya mengusulkan kepada anda, Saudaraku seiman Islam, mari kita kembangkan kebiasaan Islami…baik itu untuk menggantikan kebiasaan buruk kita atau mengembangkan kebiasaan baru yang Insya Allah menambah catatan amal kebaikan kita selama hidup di dunia ini. Saya akan menulis beberapa seri tulisan terkait dengan “membiasakan kita untuk menjalankan dan menghidupkan Sunnah Rosul Saw Yang Mulia.

MARI BUAT KEBIASAAN HARIAN YANG POSITIF PADA “SHOLAT” KITA….

1. Biasakan Sholat dengan tidak terburu-buru…santai/rileks (tuma’ninah) dan nikmati serta hayati setiap bacaan dan gerakan kita selama prosesi sholat.

2. Biasakan sholat di awal waktu, berjamaah dan dimasjid (untuk laki-laki)
Kembangkan kebiasaan ini,…Susah!!!,…iya, karena kita senangnya menunda waktu, hanya karena beranggapan “toh waktunya masih panjang”…kenapa males berjamaah dan ke masjid? karena kita tidak biasa,..dan menganggap enteng nilai kebaikan yang ada di sholat berjamaah dan di masjid!…Rosul bersabda “nilai kebaikan sholat berjamaah di masjid itu 27 kali dibanding sholat sendirian”…masak sih kita tidak tergiur dengan bonus 27 kali!!! apakah kita menganggap kecil apabila gaji kita dilipatkan jadi 27kali!!!!

3. Biasakan Sholat Sunnah Rowatib (sholat sunnah 2 rakaat sebelum/sesudah sholat fardhu.
Menurut hadits yang Shohih, Rosul Saw selalu melakukan sholat sunnah:
– 2 rakaat sebelum sholat subuh
– 2 rakaat sebelum dan 2 rakaat sesuah sholat dzuhur
– 2 rakaat sesudah Sholat Magrib
– 2 rakaat sesudah Sholat Isya
– 2 rakaat sesudah sholat Jum’at
Mengapa perlu dikembangkan kebiasaan ini?….Dosa kita terlalu banyak,..sholat sunnah menambal ketidaksempurnaan sholat fardhu dan berkontribusi untuk menghilangkan dosa-dosa kita!..Jadi, sayang kalau tidak kita kembangkan kebiasaan ini.

4. Biasakan Sholat Dhuha (minimal 2 rakaat) sebelum kita mulai beraktifitas di pagi hari.
Rosul bersabda “sholat dhuha 2 rakaat sebagai ungkapan rasa syukur kita pada Allah atas semua ruas-ruas persendian kita”….Mari

5. Biasakan Sholat Tahajud dan Sholat Witir
Ini kebiasaan yang sangat premium,…tidak semua orang bisa mengembangkan kebiasaan hebat ini!,…bayangkan, kita harus meninggalkan nikmatnya tidur di malam hari, untuk sholat tahajud dengan rakaat yang lumayan banyak (8rakaat + 3rakaat witir)!!!! pasti susah sekali,…tapi tentunya akan mudah kalau kita biasakan!…Ok, anda mau jadi orang-orang yang sedikit itu!,…kembangkan kebiasaan ini! Rosul Saw dan Para Sahabat yang Mulia mengembangkan kebiasaan ini,…dan mereka melakukannya setiap malam!!! Subhanallah!

Mari kita kembangkan kebiasaan positif kita dalam Sholat setiap hari!!!! ajak keluarga kita,…Kalau bukan kita siapa lagi???

Kebenaran hanya dari Allah Yang Maha Benar…

Budi

Tentang Budi

Moslem, Consultant, Trainer, Photographer, Gardener and Traveler.
Pos ini dipublikasikan di Aplikatif, Inspiratif, Sebaiknya anda tahu dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s