Mengembangkan Kebiasaan Islami (2)

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh..

Tulisan ini merupakan seri ke-2 (silahkan baca mengembangkan kebiasaan Islami-1)

Setelah Sholat menjadi kebiasaan dan kebutuhan serta, kita bisa menikmati detik-detik sholat kita,…Yuuk, kita kembangkan kebiasaan Islami lainnya, yang Insya Allah, menjadikan kita termasuk “Orang Islam” yang sebenarnya!.

Kali ini, kita akan mengembangkan kebiasaan positif terkait dengan “Al Qur’an”.

Sebelum mengulas kebiasaan yang akan kita kembangkan, mungkin ada baiknya kita kupas dulu sedikit mengenai Al Qur’an.

1. Al Qur’an adalah Kumpulan Wahyu Allah Swt yang diturunkan melalui Nabi Muhammad Saw dan ditujukan kepada Semua Manusia agar mendapat petunjuk dan pelajaran menuju jalan yang Terang Benderang (selamat di dunia dan akhirat)

2. Al Qur’an diturunkan dalam Bahasa Arab,…tetapi hebatnya Al Qur’an mudah sekali di hapal oleh siapa saja,…walalupun orang tersebut tidak bisa berbahasa Arab…Subhanallah

3. Al Qur’an adalah satu-satunya Kitab suci yang terjaga keasliannya,…sejak diturunkan sampai dengan hari Kiamat!…Allah yang menjamin itu!!!

4. al Qur’an adalah Manual Book, Trouble Shooter, Pelajaran, Petunjuk, Prosedur, Hukum, Undang-undang, Peraturan, Informasi penting mengenai masa depan manusia, sumber segala Ilmu Pengetahuan dan obat hati bagi seluruh Manusia yang Hidup di Bumi ini!!!..itu sebabnya Aisyah ra mengatakan “Akhlak Rosul adalah Al Qur’an”…

Apa artinya? Sayang sekali kalau kita tidak dekat “sedekat-dekat”nya berinteraksi dengan Al Qur’an. Tidak ada buku atau kitab sehebat Al Qur’an! Sayang sekali kalau Al Qur’an tidak kita pahami dan terapkan! Sayang sekali kalau Al Qur’an cuman jadi lagu-lagu yang dinyanyikan atau membaca tulisannya tanpa kita pahami maknanya! sayang sekali kalau kita tidak bisa membaca dan memahami kandungan al Qur’an. Kandungan Al Qur’an ada di dalam “makna dari setiap huruf, kata dan kalimat”! Itu semua firman Allah, Yang Maha Segalanya! Jangan tempatkan Al Qur’an sebagai ajimat, dibacakan untuk orang yang meninggal, bacaan yang hanya dibunyikan untuk ritual tertentu, tanpa tau makna dan dalilnya!!!, Demi Allah, mari kita tempatkan Al Qur’an sebagaimana Allah menyatakan dalam Al Qur’an itu sendiri!…Al Qur’an adalah Petunjuk dan Pelajaran serta Rahmat Bagi Manusia!..Mari kita kembangkan kebiasaan positif terhadap Al Qur’an, Insya Allah, kita bisa menjadi Al Qur’an berjalan!

Ok, ini beberapa kebiasaan yang Insya Allah bisa kita kembangkan terkait dengan Al Qur’an.

1. Terus berusaha Belajar Cara Membacanya dengan baik dan Benar ! Bahasa Arab itu sensitif dan kompleks, sehingga kalau kita tidak pahami teknik dan ilmunya, bacaan kita bisa berarti berbeda dari yang dimaksudkan. Pengucapan panjang pendek suatu kata yang sama dalam bahasa Arab, bisa berarti sesuatu yang berbeda! Anda Belum bisa membaca teks Al Qur’an dalam bahasa Arab? jangan kuatir, ikut saja kursus-kursus tahsin baik secara kelompok atau private,..yang penting biasakan untuk terus belajar!

2. Biasakan membaca Al Qur’an minimal satu lembar per hari dan baca serta renungi/pahami juga terjemahannya atau maknanya!…kita harus berusaha meningkatkan kuantitas lembar Al Qur’an yang dibaca perharinya. Para Sahabat Rosul Saw, semalas-malasnya mereka membaca minimal 1 juz perhari (sekitar 20halaman)…tidak susahkan, semuakan hanya masalah kebiasaan!

3. Kebiasaan no.2 harus dibudayakan untuk seluruh anggota keluarga,…bukan hanya kita sendiri!…betapa indahnya, Rumah yang selalu terdengar bacaan Al Qur’an dari seluruh anggota keluarga,…plus dipelajari apa makna yang telah dibacanya tersebut.

4. Biasakan untuk menghapal surah-surat Al Qur’an…Gak usah, muluk-muluk dulu lah,…minimal 1 surat per bulan,…dan dimulai dari surah-surah pendek pada Juz 30…dan jangan lupa telaah juga arti dari surah yang kita hapalkan!

5. Biasakan mencatat ayat-ayat yang menyentuh hati, ketika kita sedang membaca dan merenungi makna ayat-ayat Al Qur’an.

6. Biasakan memperingati atau menasehati diri sendiri dan orang lain dengan dalil Ayat-ayat Al Qur’an.

Insya Allah, 6 kebiasaan baru di atas akan mengantarkan kita untuk menjadi lebih baik,…dan bisa menjalani hidup kita lebih Islami,,,karena otak dan hati kita diberi makan dengan “Firman-firman Allah Yang Maha Bijaksana dan Penyayang”…..

Jadi Al Qur’an berjalan,…Insya Allah kita Bisa….
Kebenaran Hanya Dari Allah Saja!

Wassalam,
Budi Purnomo

Tentang Budi

Moslem, Consultant, Trainer, Photographer, Gardener and Traveler.
Pos ini dipublikasikan di Aplikatif, Inspiratif, Sebaiknya anda tahu dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s