Yuuk, Kembangkan kebiasaan islami (3)

Assalamualikum,

tulisan ini adalah lanjutan dari dua tulisan sebelumnya, terkait dengan perlunya kita mengembangkan kebiasaan harian yang islami. Silahkan dibaca 2 tulisan sebelumnya, Insya Allah bermanfaat.

Kebiasan harian lain yang sepertinya perlu kita kembangkan guna mengalahkan kebiasaan buruk dan menggantinya dengan kebiasaan yang baik, islami dan bernilai ibadah adalah:

1. Infaq

Banyak sekali perintah Allah Swt dalam Al Qur’an terkait dengan infaq ini! Hadist Rosul Saw tentang penting dan manfaat infaq juga tidak kalah banyaknya….salah satu yang saya suka adalah ” harta kamu sebenarnya adalah yang kamu infaqkan di jalan Allah”….ini hadist yang dalam sekali maknanya! Silahkan direnungi!….Nah, kebiasaan seperti apa yang harus kita kembangkan?…ada baiknya, kita mulai membiasakan mengalokasikan dana minimal untuk infaq bulanan (di luar zakat!),…besarnya terserah! yang penting kita selalu membiasakan diri menyisihkan harta kita untuk kita infaq’an di jalan Allah Swt. Oh ya,…pastikan juga, infaq anda disalurkan kepada “sasaran yang tepat”…di jalan Allah Swt.

2. Membaca buku untuk menambah pengetahuan, pemahaman dan keimanan

Saat ini, pilihan apa yang akan kita baca buanyak sekali!,…pilihan pada “sesuatu” yang kita baca setiap hari lama-lama akan menjadi kebiasaan kita. Kita baca koran setiap pagi,…maka, membaca koran akan kita lakukan otomatis,…nah, apa salahnya kita biasakan membaca buku-buku Islami dalam kegiatan harian kita. Kapan dan berapa lama kita membacanya,…sesuaikan ajah, dengan kegiatan kita. Buku apa yang dibaca? Terserah anda?…sudah banyak sekali buku-buku Islami yang bagus dan benar-benar bernilai tambah. Kalau anda mau belajar Islam dari Basic?…saya sangat merekomendasikan anda untuk membaca 3 buku seri mengenai Islam secara komprehensif dari Ust. Said Hawwa, yaitu: Allah Swt, Ar Rosul, Al Islam. 3 buku itu sudah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia. Isinya,…luar biasa!! dan memberi pencerahan sekali. Kita diberikan wawasan ilmiah yang membimbing kita untuk benar-benar memahami dasar-dasar agama Islam yang mulia itu,..Pembahasan dimulai dari mengenal Allah Swt, Rosul Muhammad Saw dan Ajaran Islam itu sendiri. Jadi, apa salahnya kita kembangkan mengisi dan memberi makan otak kita dengan bacaan-bacaan yang islami.

3. Menghidupkan Sunnah Rosul Saw dalam keseharian.

Kita sering mendengar atau mengucapkan sholawat atau memohon untuk mendapat safaat dari Beliau Saw. Banyak orang mengklaim cinta rosul, menjadi umat nya atau ajakan, mari kita ikuti sunnah Rosul Saw.,…nah, sudah tidak jamannya lagi, kalo hanya bicara atau sekedar menjadi pendengar! mari kita aplikasikan dalam kebiasaan harian kita, apa-apa yang dicontohkan Rosul Saw. Apa saja yang bisa ditiru dari Rosul Saw dalam keseharian kita?…semuanya kegiatan harian telah dicontohkan oleh Rosul Saw. mulai Bangun Tidur sampai dengan Mau Tidur Lagi!…Contoh praktisnya apa?
– Memulai sesuatu dengan Basmallah
– Makan dan minum dengan tangan kanan dan duduk
– kuku jari kaki dan tangan tidak panjang,…selalu pendek dan bersih
– Mengucap salam dan murah senyum
– Memberi hadiah
– Tepat janji (tidak ngaret)
– Tidak pernah mencela makanan
– Tidak menyisakan makanan
– Meninggalkan hal-hal tidak bermanfaat buat Umat Islam dan akhirat (untuk konteks sekarang, contohnya: merokok, ngerumpi, nongkrong dan nyantey di kafe, banyak lagi deh)
– kebiasaan terkait dengan sholat wajib dan sunnah serta shaum sunnah
– dan banyak lagi,..silahkan baca buku-buku hadist tentang adab atau kebiasaan Rosul Saw.

Okeh,…nanti kita tambah lagi…yang pentingkan paham dan langsung action hari ini juga!
Semoga bermanfaat dan Insya Allah, kita dan keluarga dimudahkan untuk mengerjakan semua Kebiasaan islami seperti yang dicontohkan oleh Panutan kita, Rosul Muhammad Saw.

Wassalam,

Budi

Tentang Budi

Moslem, Consultant, Trainer, Photographer, Gardener and Traveler.
Pos ini dipublikasikan di Aplikatif dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s