Bagaimana Kita melewati Waktu?

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,..

Sahabat dan saudara ku.

Surah Al Asr (Waktu), pastinya kita semua sudah familiar bahkan hapal. Bahkan bukan hanya hapal bahasa Arabnya artinya pun kita sudah familiar sekali! Sudah banyak sekali bahasan mengenai surah ini, oleh khotib jum’atan maupun ta’lim-ta’lim…betul ngga?

“by time, indeed, mankind is in loss. Except, for those who have believed and done righteous deeds and advised each other to truth and advised each other to patience”

Tapi,…apakah kita sudah punya rencana dan sasaran dan proses evaluasi untuk mengukur kinerja “pemanfaatan waktu hidup kita?..apakah kita sudah punya blueprint mau seperti apa dan bagaimana waktu yang jalan terus itu optimal untuk kita? Apakah tau dan hapal surah al Asr saja sudah cukup?…atau jangan-jangan kita ikut golongan orang yang senang dengan “ikut arus mengalir saja”!!!…Padahal dengan kecepatan waktu yang 60 menit/jam dan tidak pernah berhenti itu,…pastinya ia akan menyeret seluruh manusia! kita yang dulu masih bayi, jadi anak kecil, jadi ABG dan dewasa…dan yang ditakutkan…tiba-tiba kita kaget dan baru sadar kalau sudah tua, sakit-sakitan dan tidak bisa ngapa-ngapain lagi dan pasrah menunggu ajal!!!tanpa ada “nilai tambah” yang berarti dari “pemakaian waktu kita”….hiks. Mudah-mudahan kita tidak menjadi golongan orang seperti itu!

Bagus juga mungkin, dari rangkaian pertanyaan di atas,…kita bisa mulai berbenah “mengoptimalkan sisa waktu kita”. Mulai menulis rencana, menetapkan sasaran dan mengevaluasi pencapaiannya, agar jangan sampai kita rugi karena waktu terlewat begitu saja!…dan Mati !!!! dalam keadaan rugi!

Banyak jalan menuju Ridho Allah Swt Sang Pemilik Waktu! Sejarah perjalanan Rosul Saw dan para sahabat memberikan banyak sekali inspirasi, bagaiman cara untuk mengoptimalkan waktu agar semua bernila ibadah dan Insya Allah di ridhoi oleh Nya. Jadi,..pilihlah jalan mu sesuai dengan talenta alami mu saudara ku! Tidak semua orang harus jadi Penceramah, atau ahli tafsir Al Qur’an atau ahli hadits. Telaah sejarah Bilal bin Rabbah, khalid bin walid, Abdurrahman bin Auf dan banyak lagi. Banyak sekali jalan menuju Ridho Allah Swt. Mari pelajari Agama Islam yang Mulia ini, mari luruskan akidah kita jangan sampai ada “syirik” dan bid’ah sekecil apa pun, mari tambah terus ilmu dan pengetahuan kita, mari terus tingkatkan perbuatan baik, mari berusaha menjadi jalan hidayah bagi orang lain, mari terus mengajak pada kebenaran dan mencegah kemungkaran…Jadikan talenta alami kita optimal di jalan Allah Swt. Islam membutuhkan kita. Apapun keahlian dan talenta alami anda!

Sadar atau tidak sadar,…setiap detiknya kita sedang menciptakan sejarah…ya, sejarah hidup kita!…Insya Allah, dengan blueprint yang islami, sejarah itu, akan berguna bagi orang lain,…keluarga, teman, tetangga, lingkungan dan umat manusia serta membuat Agama Islam Bersinar Terang Benderang!

Sejarah apa yang akan kita buat?…buatlah rencananya saat ini juga…kalau anda belum punya!

Semoga bermanfaat!

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Budi

Tentang Budi

Moslem, Consultant, Trainer, Photographer, Gardener and Traveler.
Pos ini dipublikasikan di Aplikatif, Inspiratif dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s