Berfikir Reflektif!

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh…

Seberapa sering anda merenung? berfikir reflektif…. ini bukan kajian sufi,…tetapi mungkin ada baiknya kita secara sengaja dan rutin berfikir reflektif atas diri kita sendiri.

Apa yang sudah dilakukan hari ini?,
adakah yang kita sakiti baik secara sengaja atau tidak sengaja?
amal baik apa yang sudah kita tanam?
kontribusi apa yang sudah kita berikan untuk kejayaan Al Islam?
apakah talenta kita sudah maksimum dan bermanfaat buat kita, keluarga, saudara, tetangga dan orang lain serta Al Islam?

…ah banyak sekali, cabang-cabang pikiran reflektif yang muncul!…dan yang penting, sebenernya adalah seberapa yakin anda bahwa hal itu pun (apa saja yang kita lakukan) nanti akan diminta pertanggung jawaban ketika kita sudah meninggal dunia kelak?…semakin besar keyakinan kita atas hari akhir, logikanya semakin sering kita berfikir reflektif!!! yang ujung-ujungnya akan membuat kita semakin takut dan berharap cemas!!! kita semakin hati-hati! dan seharusnya menjadi semakin baik dari kaca mata Syariat Islam.

Sejarah para Rosul, Nabi Muhammad saw dan para sahabat tercinta, sudah membuktikan secara terang benderang, bahwa menjadi muslim dan mengejar Ridho Allah Swt serta mengincar surga itu membutuhkan kerja keras!…lebih tepatnya, membutuhkan pemikiran, upaya dan kinerja terbaik kita! Tidak mungkin masuk surga yang luasnya seluas bumi dan langit serta full segala kenikmatan yang tak terbayangkan itu mudah dan hanya mengeluarkan potensi yang standar ajah.

Kabar gembiranya,…potensi terbaik itu kita punya! hanya saja, mari kita berfikir reflektf,….sudahkan potensi terbaik kita tersebut dimaksimalkan untuk memahami dan mengamalkan Al Qur’an, Assunah, mengajak orang lain melakukan kebaikan serta mencegah kemungkaran, yang ujung-ujungnya adalah menegakkan diennul Islam,…. mulailah di rumah, di keluarga dekat, tetangga dan lingkungan kita, tempat kerja kita!

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan”..Al Qur’an Surah Al Hasyr (59) : 18

Insya Allah bermanfaat buat saya dan anda semua!

Wuallahu a’lam bishowab.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Budi

Tentang Budi

Moslem, Consultant, Trainer, Photographer, Gardener and Traveler.
Pos ini dipublikasikan di Aplikatif, Inspiratif dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s