Apa Tujuan Anda Merokok?

Sudah menjadi fitrah manusia untuk selalu kritis terhadap dirinya sendiri. Biasanya, manusia pada umumnya hanya akan melakukan apapun kalau ada tujuan yang menguntungkan dirinya atau keluarga atau kelompok atau masyarakatnya. Tujuanpun bisa berupa tujuan yang terasa saat di dunia maupun tujuan yang memberikan manfaat ketika di akhirat kelak. Misalnya, ia bekerja keras banting tulang pasti dengan tujuan mendapatkan uang yang dapat dia gunakan untuk memenuhi kebutuhan diri dan keluarganya. Atau ia rajin sholat atau infaq, untuk mendapatkan pahala dan Ridho Allah Swt, agar bahagia di akhirat kelak. Itu lah fitrah manusia!

Nah, to the point ajah, sekarang kita bicara “merokok”. Anda yang membaca tulisan ini dan masih merokok, silahkan jawab pertanyaan saya sejujur-jujurnya,….apa tujuan anda merokok? sudah anda jawab? coba ditelaah jawaban anda, apakah tujuan anda merokok tersebut memberikan manfaat (dunia dan akhirat) untuk: anda, keluarga anda, anak-anak anda, orang tua anda, agama anda, kebahagian akhirat anda????? ,,,karena saya mantan perokok, saya tahu jawabannya pasti bahwa “merokok tidak ada manfaatnya sama sekali, di lihat dari sisi manapun!” Sejujurnya, semua perokok, tahu bahwa merokok tidak ada menfaatnya sama sekali dan ingin berhenti! tapi, tidak berani melawan kecanduannya!!!..nah, di sinikah terlihat, betapa bahaya merokok! itu sebabnya “bandit-bandit” pengusaha Rokok selalu jor-jor an untuk mencitrakan bahwa perokok itu orang yang gagah, sukses dll,…karena, sekali saja seseorang (termasuk: anak-anak kita) sudah kecanduan, maka ia akan menjadi pelanggan yang loyal selama puluhan tahun!!!! Cukuplah merokok itu ada digenerasi anda! berhentilah dan jangan beri contoh dan mengkader anak-anak/keponakan/cucu anda menjadi perokok juga!

Saya tahu betapa susahnya berhenti dari kecanduan merokok! kecaduan rokok tidak berbeda jauh dengan kecanduan narkoba!…tapi apakah, anda harus menyerah? Semua bisa, dengan tekad yang kuat!!!! bayangkan, memulai merokok begitu mudah dan enteng, tetapi berhentinya ,,,ternyata susah luar biasa! bukankah itu kenyataan yang jelas tentang bahayanya merokok!

Saya orang yang setuju 200% kalau merokok itu haram! seperti haramnya kita korupsi atau mencuri! fakta secara medis dan sosial sudah terpapar jelas bahaya nya merokok! belum lagi urusan pemborosan dana umat yang terbuang akibat kecanduan rokok! bahkan menurut saya, dengan fatwa bahwa merokok makruh pun sudah cukup untuk kita berhenti merokok. karena makruh itu kan berarti “melakukan sesuatu yang dibenci Allah”!…

ini fakta paling ironis sekali tentang rokok:

1. Kurang lebih 55juta umat Islam di Indonesia adalah perokok aktif (mayoritas mereka adalah golongan ekonomi menengah ke bawah).

2. asumsi setiap perokok tersebut membakar 1 bungkus/hari,…maka secara rata-rata, mereka membakar uang mereka sebesar Rp.4 jt/tahun…itu artinya, umat Islam yang perokok menghabiskan dana mereka secara sia-sia sebesar Rp.220 triliyun…padahal badan pengumpul zakat di Indonesia hanya mampu mengumpulkan Rp.1,5 triliyun/tahun…ironis sekalikan!

3. kebayang kah,..seandainya seorang perokok menghisap 20 batang/hari….itukan berarti perokok tersebut telah memasukan asap dan zat racun lainnya ke mulut, tenggorokan, mata, paru-paru, otak dan darahnya dengan kurang lebih 500 hisapan/hari…bukankah, hanya orang bodoh saja yang mau meracuni tubuhnya sendiri secara sadar dan rutin, dan harus membayar sendiri racun itu!!! Sementara itu, di sisi lain, anjuran istigfar yang dianjurkan Rosul Saw 70 kali perhari dilakukan? ironis kan!

4. Anda punya barang kesayangan (misalnya: mobil, motor, barang elektronik, burung, tumbuhan atau lainnya)? tentunya kita merawat barang-barang tersebut dengan apik kan? tidak boleh berdebu, rusak, tergores atau apapun juga yang dapat merusaknya….Nah, mana yang lebih berharga, barang-2 tersebut atau tubuh dan kesehatan anda?…tubuh dan kesehatan anda lebih penting kan!…Nah, aneh kan, kenapa, ia anda supplay dengan racun secara rutin setiap jam selama bertahun-tahun dan anda membayar pula untuk meracuninya dengan asap rokok jahanam tersebut!…aneh kan jalan pikiran perokok itu? itulah bahayanya kecanduan merokok dan itu pula yang menyebabkan merokok itu jadi berdosa hukum nya!…boros dan menzolimi diri sendiri dan orang lain!

Ah,…masih banyak lagi kemudhorotan rokok!,…sekarang yang penting action! selamatkan generasi muda Islam dari Rokok!!!! caranya? kita yang masih merokok harus berhenti merokok. Ajak saudara-saudara kita untuk berhenti merokok. kampanyekan,..siapapun yang masih merokok, sama saja dengan mengkader anak-anaknya untuk menjadi perokok juga.

Insya Allah, kita diberi kekuatan untuk melawan kejahatan rokok yang merusak generasi Islam ini!!!!

Waallahu a’lam bishowab

Budi Purnomo

Tentang Budi

Moslem, Consultant, Trainer, Photographer, Gardener and Traveler.
Pos ini dipublikasikan di Aplikatif, Inspiratif, Sebaiknya anda tahu dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s