Perlu anda tahu tentang PUASA!

Ibadah Puasa atau shiam merupakan salah satu tata cara beribadah kepada Allah Swt yang paling unik! Dan hebatnya ibadah ini, ditinjau dari sisi manapun, merupakan suatu mekanisme untuk menyehatkan tubuh.Walaupun kegiatan berpuasa terlihat seperti ada penyiksaan, karena tidak boleh makan, minum dan berhubungan suami istri,…tetapi dibalik itu, Subhanallah, luar biasa. Telah banyak tinjauan mengenai hikmat ibadah puasa bagi kesehatan tubuh pelakunya.

Yang akan sy tulis kali ini, terinspirasi oleh Usd Sabeni (mudah-mudahan benar) yang tausiah ba’da dhuhur di Mushola Kementerian BUMN. Berikut 5 hal yang perlu kita ketahui mengenai puasa/shiam.

1. Redaksional perintah ibadah puasa bulan Ramadhan, berbeda dengan ibadah maghdoh lainnya. berikrar shadatain, Sholat, haji dan zakat diperintahkan menggunakan kalimat aktif! Dirikanlah Sholat, tunaikalah zakat, laksakanlah ibadah haji!,…Ketika memerintahkan Puasa, Allah menggunakan kalimat pasif. “diwajibkan atas kamu berpuasa…” dan para calon pelakunya dihibur dengan pernyataan bahwa “puasa itu juga diwajibkan untuk orang-orang lain sejak dahulu! plus, imbalannya: “agar menjadi orang yang bertakwa”. Kalimat pasif itu, tidak menyebutkan dengan jelas siapa yang menyuruh! tapi setiap orang yang ngaku beriman harus patuh melakukannya. Subhanallah!. Dan sejalan dengan kalimat pasif itu, ternyata ibadah puasa punya karakter yang berbeda dengan ibadah lainnya! puasa adalah ibadah Siir (ibadah diam-diam, hanya pelaku dan Allah saja yang tahu!).

2. Ibadah puasa tidak perlu imam, pengawas atau petugas! yang penting tahu aturannya maka lakukanlah! Sholat fardhu yang terbaik adalah awal waktu, berjamaah dan di masjid! Berjamaah berarti ada imam yang memimpin. Zakat perlu petugas yang menarik, mengumpulkan dan menyalurkan. Haji, perlu fasilitasi dari pemerintah negara asal dan pihak pemerintah Arab saudi.

3. ” Pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup dan setan-setan diikat ketika bulan Ramadhan” (hadits shohih). Pernah merenungi hadits ini? kalau setan-setan diikat, kok, masih banyak orang yang berbuat perbuatan setan (maksiat) ketika di bulan Ramadhan. Yang tidak puasa banyak! yang puasa tetapi tetap berbuat dosa banyak! puasa tapi tidak sholat juga banyak! dan banyak lagi contoh-contoh di lapangan!…pertanyaannya lalu, apa maksud setan-setan diikat di bulan Ramadan?…Menurut jumhur Ulama ahli hadist,,,Setan memang diikat, dan yang mengikat setan adalah keimanan seseorang. Seberapa kuat ikatannya, bergantung dari seberapa kuat keimanan seseorang. Subhanallah, ini sesuai dengan Firman Allah Swt, “Sungguh setan itu tidak akan berpengaruh terhadap orang yang beriman dan bertawakal pada Allah” (QS. 16:99)

4. Puasa adalah ibadah wajib dengan durasi terlama!..Haji, sholat dan zakat, pelaksanaannya tidak selama shiam Ramadhan yang 1 bulan full….jadi terlihat sinkron! kalau pembentukan karakter, kebiasaan dan kekuatan iman sangat kental sekali dalam ibadah puasa ramadhan agar menjadi orang yang bertakwa! Artinya? perlu usaha yang sungguh-sungguh, kerja keras, konsisten dan persisten untuk memperoleh derajat terhormat di hadapan Allah Swt.

5. Ramadhan adalah bulannya Al Qur’an! Bertakwa tanpa berinteraksi yang dekat dengan Al Qur’an,…sangat tidak mungkin! Ramadhan adalah saat yang tepat untuk meningkatkan dan lebih dekat lagi dengan Al Qur’an! Anda belum pandai tilawah Al Qur’an,…belajarlah pada Guru yang kompeten, agar anda tahu cara membaca setiap huruf dan kata dalam Al Qur’an yang berbahasa Arab itu. Bahasa Arab itu luar biasa, tata bahasanya lengkap dan agak sedikit rumit dan sensitif! sedikit salah mengucapkan atau bahkan panjang pendek penyebutannya salah, ia bisa mempunyai arti yang berbeda jauh! Jangan lupa, tadaburi atau pamahi juga arti bacaan Al Qur’an yang anda baca! Walaupun membaca tanpa paham artinyapun sudah berpahala, tetapi memahaminya tentu lebih berpahala lagi! karena “Al Qur’an” adalah petunjuk dan pedoman untuk bahagia dunia dan akhirat!..tidak mungkin Al Qur’an bisa jadi pedoman dan petunjuk, kalau kita tidak paham artinya!..buatlah program dan target untuk anda sendiri! mau seperti apa interaksi dengan Al Qur’an. Tuntaskan (khatam) membaca al Qur’an termasuk artinya dalam bulan Ramadhan! terasa berat! tentunya tidak kalau kita punya rencana dan strategi!,,,misalnya: 1 juz (kurang lebih 20 halaman) per hari (Al Qur’an terdiri dari 30 juz)…dan dicicil 1/5 juz (4 halaman) setiap sebelum atau selesai sholat fardhu yang lima waktu itu. Insya Allah bisa kita selesaikan dengan niat dan tekad yang kuat!

Waallahu ‘alam bisshowab

Budi Purnomo

Tentang Budi

Moslem, Consultant, Trainer, Photographer, Gardener and Traveler.
Pos ini dipublikasikan di Aplikatif, Inspiratif, Sebaiknya anda tahu dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s