Sudah baca Al Qur’an hari ini?

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh

Kalimat untuk mengingatkan kita seperti judul post ini, sering sekali dibaca. Dan, saya senang sekali kalau itu terbaca. Karena, langsung mengingatkan…Bahwa benar, Al Qur’an harus menjadi menu bacaan wajib bagi kita setiap harinya.

Mengapa Al Qur’an jadi menu bacaan wajib harian? banyak sekali ulasan oleh para Ustadz mengenai hal ini. Banyak hadits Rosulullah Saw yang mengingatkan kita untuk setiap saat menbaca, mempelajari dan tentunya dapat menerapkannya. Intinya Rosul Muhammad Saw meminta kita agar al Qur’an menjadi mindset dan pedoman hidup kita.

Kalau saya kadang simpel saja memahaminya.

Al Qur’an adalah wahyu dari Allah Swt, dan kita masih diberi kesempatan untuk mengaksesnya…bodoh saja kalau itu dilewatkan.
Al Qur’an terdiri ribuan ayat yang luar biasa, dan cara paling mudah mempelajarinya adalah sedikit-sedikit tapi rutin dan kontinu. Baca, pahami, renungi, refleksikan dan aplikasikan serta ajarkan.
Al Qur’an pasti sudah dirancang mudah untuk dipahami, karena Al Qur’an adalah pedoman hidup manusia. Tapi bagaimana ia jadi mudah dipahami dan menjadi pedoman, kalau kita tidak serius dan rutin membaca dan mempelajari.
Al Qur’an adalah inti ajaran Islam. Jadi aneh saja, kalau seseorang mengaku Islam, tapi baca dan mempelajari makna Al Qur’an hanya seingatnya saja.
Teknologi saat ini, membuat Al Qur’an menjadi sangat mudah sekali diakses. Jadi aneh, kalau beralasan tidak ada waktu, atau tidak punya al qur’an saku….apapun smartphone anda,,,apps Al Qur’an dengan terjemahan bahasa Indonesia insya Allah tersedia kok…
JAdi,,,mengapa tidak, memulainya saat ini,,,,setiap harinya kita biasakan membaca, memahami, merenungi dan menerapkan setiap ayat yang terpapar jelas dalam Al Qur’an.

Mulai dari diri sendiri, dari hal yang kecil dan mulai dari sekarang…

Salam.

Budi Purnomo.

Tentang Budi

Moslem, Consultant, Trainer, Photographer, Gardener and Traveler.
Pos ini dipublikasikan di Aplikatif, Inspiratif dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s