Sederhana saja…

Kalimat “Gitu aja kok repot”. Pernah menjadi trending topic beberapa tahun yang lalu. Karena kalimat ini keluar dari ucapan seorang Gus Dur, tentu saja, hal ini mendapat tanggapan yang beragam dari banyak kalangan.

Tetapi, kalau mau ditelaah dan dimaknai secara positif, Ungkapan Alm Gus Dur ini sebenarnya menunjukkan kemampuan seseorang dalam menyelesaikan masalah. Mau atau tidak mau, toh tiap waktu kita selalu dihadapkan dengan masalah. Wong namanya juga hidup di dunia! Dan, tidak semua orang punya kemampuan atau sadar punya kemampuan untuk melihat masalah dari sisi yang sederhana.

Penelitian mengenai leadership dari banyak pemimpin di berbagai komunitas menunjukkan, adanya satu karakter atau kemampuan yang kurang lebih sama diantara para pemimpin tersebut. kemampuan itu adalah “menyederhanakan permasalahan” guna mengambil keputusan untuk penyelesaiannya.

Secara naluri, otak kita memang enggan sekali bekerja keras atau bahkan akan mogok kerja kalau dihadapkan pada suatu masalah yang terlihat ruwet rumit dan kompleks. Nah, disinilah fungsi kemampuan yang harus kita latih secara sadar. Menyederhanakan masalah agar dapat menarik perhatian otak untuk bekerja secara optimal. Banyak sekali metode-metode yang dikembangkan untuk menyederhana masalah. Yang jelas, setiap masalah akan terlihat sederhana apabila dipenggal menjadi bagian-bagian kecil. Seperti anekdot, Bagaimana caranya makan gajah? simpel ajah..”makan sesuap demi sesuap”.

Simpel kan…

Salam
Bekasi 2014
BP

Tentang Budi

Moslem, Consultant, Trainer, Photographer, Gardener and Traveler.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s