Cari alasan untuk bersyukur

Kata Syukur atau orang yang bersyukur banyak sekali muncul dalam Al Qur’an. Ini mengindikasikan bahwa syukur adalah hal yang penting dalam kehidupan setiap manusia, khususnya umat Islam. Karena, sejatinya, Al Qur’an memberi pelajaran skala prioritas kepada kita. Apa saja yang paling sering disebut dalam al Qur’an, harusnya itu yang menjadi perhatian dan fokus kita. Silahkan cek, kalimat tauhid, kata sholat, zakat atau amal ma’ruf…hal tersebut diulang-ulang berkali-kali. Termasuk kata syukur.

Syukur mudah diucapkan. Syukur adalah cara jitu agar kita bahagia, begitu yang sering diucapkan para Ustadz. Hanya jarang sekali, kita diberi tahu secara teknis. Bagaimana cara bersyukur itu, selain melafadzkan “Alhamdulillah”. Bersyukur ketika mendapat nikmat itu biasa. Tetapi bukankah, bersyukur juga harus kita lakukan dikala kita mendapat kesempitan. Pada saat terjadi kesempitan, syukur dan sabar harus berdampingan dengan baik. Dan saya yakin, sabar itu bukan hanya berarti pasrah saja dan mengelus dada. Tetapi Sabar harus bersifat proaktif yang ujung-ujungnya harus mencegah virus putus asa menjangkiti diri kita.

Kembali ke masalah syukur. Memang sudah kebayang, betapa sulitnya bersyukur ketika mendapat cobaan dan kesempitan. Pikiran galau, susah sekali berpikir positif dan khusnuzon. Ketika orang lain yang mendapat cobaan dan kesempitan, mudah sekali kita bicara, “sabar dan terus bersyukur ya….”. Tetapi, ketika itu terjadi pada kita. Harusnya kita juga melakukan hal seperti yang kita nasehati pada orang lain.

Mencari alasan untuk selalu bersyukur mungkin adalah salah satu kiat untuk “benar-benar” merasa bersyukur dikala kesempitan dan cobaan datang kepada kita. Banyak cara untuk mencari alasan seperti itu. “wong” kita sebenarnya kan ahli dalam mencari alasan. Hanya saja, yuuk..Mari kita aplikasikan keahlian itu, tetapi pada hal yang positif dan diterapkan pada saat-saat kita dalam kesempitan.

Salah satu cara simpel yang direkomendasikan untuk dilakukan dalam mencari alasan untuk bersyukur adalah dengan MENULIS DAFTAR ALASAN MENGAPA KITA HARUS BERSYUKUR? Allah memerintahkan kita untuk menelaah diri kita sendiri. Itu yang pertama kali dieksplor sebagai sumber alasan untuk bersyukur. Alhamdulillah: mata ini masih bisa melihat, otak masih bisa dipakai untuk berpikir, aliran darah masih lancar, kuping masih bisa mendengar, jari masih bisa digerakan, gigi dan gusi tidak sakit, kepala tidak pusing, lidah masih lentur untuk bisa bicara, kaki masih bisa digerakan, masih bisa tersenyum, jantung masih terus berdetak memompa darah, jutaan syaraf masih bekerja, hormon-hormon dalam tubuh masih berfungsi, organ-organ tubuh masih berjalan, metabolisme tubuh masih berjalan,,,dan jutaan lainnya. Itu baru refleksi rasa syukur pada diri sendiri, belum lagi kalau mulai melibatkan hal-hal eksternal di mana kita bergantung padanya…(keluarga, kerabat, harta, kemudahan, udara, air, dunia, teman, tetangga dll) ,,,,Allahu Akbar,…Tidak cukup waktu hidup kita untuk menuliskannya. Sehingga picik dan bodoh sekali kalau kita terus mengeluh dan hanya fokus pada musibah, cobaan dan kesempitan yang kita alami. Masalah kita ternyata kecil sekali porsinya dibanding “milyaran” nikmat yang diberikan Allah Swt yang harus kita syukuri.

Jadi, mari kita selalu mencari alasan untuk bersyukur kepada Allah Swt….kapan saja, di mana saja dan dalam kondisi apapun diri kita…

Wuallahu a’lam bishowab.

Salam,

Budi Purnomo

Tentang Budi

Moslem, Consultant, Trainer, Photographer, Gardener and Traveler.
Pos ini dipublikasikan di Aplikatif dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s