Berbuat dan berkata baik

Kita selalu punya pilihan di setiap saat dan di mana saja. Umumnya pilihan itu hanya digolongkan dalam 3 kategori besar. Baik, Netral (diam) dan Buruk. Pilihan itu terealisasikan dalam bentuk lisan, tulisan atau perbuatan.
Kemajuan teknologi saat ini, dengan berbagai “kemudahan komunikasi” via media sosial dan fasilitas messeger, membuat lisan “agak” tergeserkan dengan tulisan ataupun dalam media bergambar/video. Tetapi, pesannya tetap jelas. Apapun itu, baik diungkapkan dalam bentuk tulisan, gambar atau video. Semuanya tetap mencermin niat dan jenis pilihan yang diambil. …Baik, netral atau buruk!

Belum lagi, di media sosial kita bisa tampil sebagai sang anonim. Godaan sebagai sang anonim, kecenderungannya “berani” menyampaikan pesan-pesan buruk, kata-kata kasar, menghujat dan variasi keburukan lainnya. Toh tidak ada orang yang tahu, siapa sang anonim itu.

Teknologi sharing membuat sebaran pesan menjadi luar biasa. Satu kalimat baik dapat dijangkau oleh ribuan bahkan jutaan orang. Begitu juga tulisan, gambar dan video keburukan (walaupun dengan maksud bercanda) apabila terus dishare. Sama saja dengan melipat gandakan dosa dan ketidakmanfaatan kepada ribuan bahkan jutaan orang. Satu pesan keburukan apabila sudah dibroadcast atau terkirim….kita tak bisa menghentikannya. Dosa itu akan terus terakumulasi.

Saya kok tersentak, ketika ada pesan gambar yang mengingatkan ,….seandainya semua perkataan, lisan dan tulisan kita dipaparkan dalam satu data base. Kemanakah kecenderungan perkataan, lisan dan tulisan kita berada? Pada kuadran kebaikan, netral atau keburukan?

Biasakan berbuat, berkata dan bertulisan baik yuuk

Tentang Budi

Moslem, Consultant, Trainer, Photographer, Gardener and Traveler.
Pos ini dipublikasikan di Aplikatif, Inspiratif dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s